Rabu, 11 Oktober 2017

Perbandingan Open Source Software vs Proprietary Software

Tags

PERBANDINGAN
OPEN SOURCE SOFTWARE vs PROPRIETARY SOFTWARE
SOFTWARE LINUX vs SOFTWARE WINDOWS




Windows vs Linux


Assalam mu'alaikum W.b

Ok langsung ke poin yaitu Perbandingan Open Source vs Software Windows yang harus kita ketahui apalagi anda yang masih menggunakan software yang berbayar. Perbandingan antara sistem operasi Microsoft Windows dan Linux komputer masih menjadi topik diskusi umum di antara pengguna mereka. Windows merupakan software paling menonjol yang membuat sistem operasi Proprietary, sementara Linux menjadi software yang paling menonjol yang merupakan sistem operasi Open Source (perlu diketahui bahwa banyak distribusi Linux juga mempunyai sejumlah kecil komponen closed source, seperti dikompilasi binary blob driver yang disediakan oleh produsen hardware, untuk standar instalasi mereka). Kedua sistem operasi bersaing untuk basis pengguna di pasar komputer pribadi sebagaimana di pasar server, dan mereka digunakan di kantor-kantor pemerintah, sekolah, kantor-kantor bisnis, rumah, intranet dan internet server, dan supercomputers.


Windows mendominasi di desktop dan komputer pribadi dengan pasar sekitar 90% dari pangsa pasar desktop, dan menyumbang sekitar 66% dari semua server yang terjual pada tahun 2007. Dalam pendapatan pasar server (2007Q4) Windows mencapai 36,3% dan Linux mencapai 12,7%. Pada November 2007, Linux menjalankan 85% dari super komputer paling kuat di dunia, dibandingkan dengan Windows' 1,4%. Pada bulan Februari 2008, Linux menjalankan lima dari sepuluh perusahaan Internet hosting yang paling dapat diandalkan, dibandingkan dengan Windows yang cuma dua.


Linux dan Windows memiliki perbedaan dalam filosofi, biaya, kemudahan penggunaan, fleksibilitas, dan stabilitas, dimana masing-masing ingin meningkatkan di daerah yang mereka anggap lemah. Perbandingan dari keduanya cenderung mencerminkan asal, sejarah dan dasar pengguna distribusi model masing-masing. Biasanya, sebagian besar wilayah kelemahan yang sering terjadi adalah miskinnya "penjelasan" penggunaan dari Linux desktop bagi pasar umum dan kerentanan malware/virus bagi Windows.


Pendukung dari perangkat lunak bebas menyatakan bahwa kekuatan utama Linux adalah mereka menganggap penting pada apa yang dianggap sebagai kebebasan esensial pengguna: kebebasan untuk menjalankannya, untuk mempelajarinya dan merubah, serta mendistribusikan kembali salinan dengan atau tanpa perubahan.


BIAYA

Pada tahun 2004, Microsoft meluncurkan kampanye pemasaran, "Get the Facts", untuk mendorong pengguna berpindah dari Linux ke Windows Server System. Microsoft mengklaim bahwa produk-produknya secara keseluruhan memiliki total biaya kepemilikan (TCO) lebih rendah dibandingkan program-program open source karena kemudahan penggunaan, sehingga mengurangi kerja staf dan gaji yang lebih rendah.


Angka-angka yang dikeluarkan Microsoft tersebut kemudian menjadi perdebatan oleh berbagai organisasi, terutama Novell dan The Register. Banyak situs menyatakan ketidakakuratan angka dalam grafik Microsoft tersebut termasuk angka untuk sistem operasi Unix dan Solaris serta Linux.


Pada tahun 2004, Otoritas Standard Periklanan Inggris memberi peringatan keras kepada Microsoft bahwa sebuah iklannya menggunakan penelitian yang diklaim "Linux itu ... 10 kali lebih mahal daripada Windows Server 2003", adalah "menyesatkan".


Kementerian Luar Negeri Jerman juga pernah mengatakan bahwa biaya pemeliharaan desktop yang memakai open source merupakan yang terendah sepanjang pengalaman instansi tersebut. Demikian juga Kementrian Negara Riset dan Teknologi RI menyatakan pemakaian open source dapat menurunkan anggaran TI secara signifikan.


USER INTERFACE


Dari sisi user interface (antar muka pengguna), dapat dilihat perbandingan antara kedua software tersebut sebagai berikut:


1. Graphical User Interface


- Pada Windows Vista, antar mukanya menggunakan Windows Shell sebagai window manager pada Desktop Window Manager, dan window manager Stacking dibangun di atas GDI dalam versi lama. Lingkungan desktop dapat dimodifikasi oleh berbagai pihak ketiga yang memproduksi seperti WindowBlinds, atau sepenuhnya diganti misalnya oleh Blackbox untuk Windows, atau LiteStep.


- Di dalam Linux, sejumlah lingkungan desktop sudah tersedia, dimana GNOME dan KDE yang paling banyak di- gunakan. Secara default, masing-masing mengunakan Window Manager Metacity dan KWin, walaupun ini dapat digantikan oleh Window Manager lainnya seperti Compiz Fusion. Lingkungan desktop lainnya dan Window Manager termasuk Enlightenment, Xmonad, Xfce, Openbox, Fluxbox, dll.


2. COMMAND LINE INTERFACE


- Pada Windows, J. NET berbasis baris perintah bernama Windows PowerShell telah dikembangkan. Hal ini lebih bervariasi dari Shell Unix / Linux. Cygwin menyediakan bash terminal untuk Windows. Windows Script Host sudah dimiliki Windows 98 dan versi yang lebih anyar.


- Pada Linux, baris perintah dapat digunakan untuk memulihkan sistem jika gagal subsistem grafis. Cukup banyak Unix Shell yang dibuat, dimana mayoritas kompatibel dengan "Bourne Shell", dan yang paling banyak digunakan adalah GNU Bash. Banyak aplikasi dapat ditulis melalui sistem konsol, dimana banyak piranti kecil dan khusus yang dimaksudkan agar dapat bekerja sama dan untuk mengintegrasikan dengan program lain. Hal ini disebut prinsip Toolbox.


INSTALASI


Banyak yang mengatakan bahwa Distribusi Linux akan sulit bagi rata-rata pengguna dalam proses instalasinya. Namun distribusi seperti misalnya Ubuntu yang menyertakan paket manajer grafis sangat membantu pengguna dalam mencari paket dan menginstalnya secara grafis. Download, instalasi, dan konflik akan langsung ditangani oleh paket manajer. Dengan menggunakan paket manajer, waktu dapat dihemat karena untuk kebutuhan men-download perangkat lunak (open source) dari situs resmi sudah tidak perlu lagi harus surfing halaman web. Semua akan ditangani oleh paket manajer.



Saat ini, banyak Distro Linux yang menawarkan proses sederhana untuk instalasi serta menawarkan "Live CD" sistem yang memungkinkan pengguna untuk mem-boot sistem Linux yang berfungsi penuh langsung dari CD atau DVD, dengan pilihan untuk menginstalnya di harddisk. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi distribusi dan tidak membuat modifikasi permanen ke komputer mereka. Proses instalasi Windows dan distribusi Linux umumnya menggunakan wizard guna memandu pemakai dalam proses instalasi.



STABILITAS


Sistem operasi secara subyektif dapat disebut "stabil", apabila berbagai komponen mampu beroperasi serempak. Tidak semua komponen berada di bawah kontrol dari Operating System, jadi pada saat Linux dan Windows kernel mungkin stabil, jika aplikasi dan driver buruk dapat saja melumpuhkan sistem operasi terse- but.


Sebagian besar reputasi Windows tentang ketidakstabilan terdapat pada Windows 95, 98, dan ME, yang terkenal jahat untuk menampilkan "blue screen of death" (BSOD) saat terjadi crash. Tiga kelemahan dengan versi Windows tersebut yang akan menimbulkan kemungkinan crash adalah:


Full 16-bit compatibility. Saat manajemen memori DOS subsystem gagal, akan sering memunculkan prompt BSOD.


Direct hardware access. Tidak seperti Windows NT, Windows 9x tidak memiliki lapisan abstraksi hardware. Suatu program atau driver yang mencoba untuk mengakses memori yang terlindung, atau memiliki antarmuka yang buruk dengan hardware, dapat menimbulkan BSOD.


Poor DLL management. DLL yang merupakan sejenis per-pustakaan eksternal yang berfungsi mencegah pengulangan yang tidak perlu dalam sebuah program. Windows 9x tidak memiliki perlindungan pada sistem DLL, dan program yang buruk akan membuatnya menjadi versi yang salah, dan seiring waktu, secara umum stabilitas sistem akan menurun. Windows 2000 dan versi yang lebih baru memiliki rutin disebut Windows File Protection yang mencegah perubahan sis-tem file-file penting.


Secara singkat, demikianlah beberapa perbandingan yang bisa disebutkan dalam sistem operasi antara Microsoft Windows dengan Linux System. Tentu pilihan di tangan anda. Pada lanjutan artikel ini ialah saya akan membahas tentang Open Source Software dan Virus sampai jumpa di postingan berikutbya. Semoga bermanfaat. Wassalam.







EmoticonEmoticon