Rabu, 11 Oktober 2017

Perbandingan Software Windows dan Linux

Tags

PERBANDINGAN SOFTWARE LINUX vs SOFTWARE WINDOWS






Assalam mu'alaikum W.b

Pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Open Source Software & Virus dan kita sudah mengetahui yang ternyata open source lebih terlindung dari virus komputer tapi bukan berarti tidak bisa terinfeksi, namun bila dibandingkan dengan software berbayar maka open sourcelah yang lebih aman. Untuk bahasan kali ini Perbandingan Open Source & Software Windows secara singkat berikut sedikit bahasannya:


Perbandingan antara sistem operasi Microsoft Windows dan Linux komputer masih menjadi topik diskusi umum di antara pengguna mereka. Windows merupakan software paling menonjol yang membuat sistem operasi Proprietary, sementara Linux menjadi software yang paling menonjol yang merupakan sistem operasi Open Source (perlu diketahui bahwa banyak distribusi Linux juga mempunyai sejumlah kecil komponen closed source, seperti dikompilasi binary blob driver yang disediakan oleh produsen hardware, untuk standar instalasi mereka). Kedua sistem operasi bersaing untuk basis pengguna di pasar komputer pribadi sebagaimana di pasar server, dan mereka digunakan di kantor-kantor pemerintah, sekolah, kantor-kantor bisnis, rumah, intranet dan internet server, dan supercomputers.


Windows mendominasi di desktop dan komputer pribadi dengan pasar sekitar 90% dari pangsa pasar desktop, dan menyumbang sekitar 66% dari semua server yang terjual pada tahun 2007. Dalam pendapatan pasar server (2007Q4) Windows mencapai 36,3% dan Linux mencapai 12,7%. Pada November 2007, Linux menjalankan 85% dari super komputer paling kuat di dunia, dibandingkan dengan Windows' 1,4%. Pada bulan Februari 2008, Linux menjalankan lima dari sepuluh perusahaan Internet hosting yang paling dapat diandalkan, dibandingkan dengan Windows yang cuma dua.


Linux dan Windows memiliki perbedaan dalam filosofi, biaya, kemudahan penggunaan, fleksibilitas, dan stabilitas, dimana masing-masing ingin meningkatkan di daerah yang mereka anggap lemah. Perbandingan dari keduanya cenderung mencerminkan asal, sejarah dan dasar pengguna distribusi model masing-masing. Biasanya, sebagian besar wilayah kelemahan yang sering terjadi adalah miskinnya "penjelasan" penggunaan dari Linux desktop bagi pasar umum dan kerentanan malware bagi Windows.


Pendukung dari perangkat lunak bebas menyatakan bahwa kekuatan utama Linux adalah mereka menganggap penting pada apa yang dianggap sebagai kebebasan esensial pengguna: kebebasan untuk menjalankannya, untuk mempelajarinya dan merubah, serta mendistribusikan kembali salinan dengan atau tanpa perubahan.


Ok kita berjumpa pada bahasan berikutnya hal-hal yang perlu diperhatikan Sebelum Migrasi ke OS Linux, semoga bermanfaat.


Wassalam.



EmoticonEmoticon