Rabu, 11 Oktober 2017

Sedikit Kekurangan Open Source Software

Tags

KEKURANGAN OPEN SOURCE SOFTWARE






Setelah pada artikel sebelumnya kita telah menjelaskan tentang Keunggulan Open source Software dan kita telah mengetahui kelebihan-kelebihannya kalau kita menggunakan aplikasi open source software, maka pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas tentang kekurangannya. Karena selain keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Open Source Software, terdapat juga beberapa kekurangan teknis yang masih menjadi kendala orang-orang untuk menggunakan software ini. Pada umumnya, kendala tersebut sebagai berikut:


Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Open Source Software dan masih "Windows minded". Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Open Source Software.


Dukungan perangkat keras dari vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Open Source Software. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Open Source Software, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org.


Proses instalasi software/aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Open Source Software, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.


Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.


Nah itulah sedikit tentang kekurangan dari aplikasi open source, proses menginstal memang agak ribet bagi mereka yang masih baru memakai linux, tetapi khusus linux ubuntu mate ada solusinya kalau kita ingin menginstal aplikasi. Dalam ubuntu mate sudah ada manager grafisnya yang kalau kita mau instal aplikasi tinggal tekan tombol Clik maka kita tinggal menunggu proses sampai selesai. Ok kita bertemu pada artikel berikutnya yaitu Perbandingan Software Open Source & Software Windows Semoga bermanfaat. Wassalam.



EmoticonEmoticon